TIPS MEMILIH JURUSAN KULIAH YANG COCOK BUAT KAMU

TIPS MEMILIH JURUSAN KULIAH YANG COCOK BUAT KAMU


Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Cocok Buat Kamu - Kuliah memang saat ini seakan - akan sudah menjadi hal yang wajib dilakukan karena makin tinggi pendidikan yang dicapai kemungkinan besar juga peluang untuk mendapatkan kerja semakin besar. Akan tetapi banyak hal lain yang menentukan masa depan kamu agar sesuai dengan yang kamu harapkan. Berbicara tentang masa depan, hal yang menentukan berhasil atau tidaknya kamu untuk mencapai apa yang kamu inginkan itu tidaklah mudah. Banyak hal yang harus kamu pertimbangkan untuk mencapai keberhasilan kamu. Kebanyakan masa depan yang kamu impikan tergantung pada kemampuan dirimu sendiri. Di masa kuliah kamu harus mempertimbangkan dalam memilih jurusan perkuliahan, alangkah lebih baiknya jika kamu mau kuliah pertimbangkan jurusan apa yang kamu pilih dan kemampuan kamu dalam jurusan itu. Tetapi sebenarnya pilihan terbaik itu ada pada diri kamu sendiri yang menentukan ingin masuk apa jurusan kamu, tapi saran saya haruslah sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki agar pada saat kuliah nanti kamu akan mudah memahami pelajaran - pelajaran di jurusan tersebut.

TIPS MEMILIH JURUSAN KULIAH YANG COCOK BUAT KAMU


Berikut ini akan disajikan artikel mengenai tips memilih jurusan kuliah yang cocok buat kamu :



1. Kemampuan Kamu Di Jurusan Tersebut


Jika ingin kuliah nanti, pastikanlah kamu memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan kamu. Jangan memilih jurusan lain hanya karena ingin pamer, gengsi, atau hal lainnya. Jika hal itu terjadi maka kemungkinan besar kamu lama - kelamaan nanti tidak akan betah atau kurang cocok dengan studi tersebut, yang kemudian nantinya akan berdampak pada kelanjutan kuliah kamu. Jika kamu mempunyai kemampuan di bidang teknologi atau sebelumnya pernah masuk jurusan yang ada hubungannya tentang teknologi di SMK dan kira - kira kamu memiliki bakat di bidang itu, maka sangat disarankan jika kuliah nanti pilihlah jurusan yang berhubungan dengan dunia teknologi agar kamu tidak terlalu terbebani karena kamu sebelumnya memiliki kemampuan atau sudah pernah belajar dasar - dasar di bidang tersebut. Hal itu tentunya bisa jadi nanti nilai IP kamu tinggi karena memang kamu memiliki kemampuan di bidang tersebut.



2. Saran Atau Masukan Dari Orang Lain


Kamu bisa meminta pendapat dari orang lain terutama yang sudah pernah kuliah untuk menentukan jurusan apa yang cocok kamu ambil pada saat kuliah nanti, karena mungkin dari orang yang kamu minta pendapatnya mereka sudah tahu tentang kelebihan dan kekurangan masing - masing jurusan di perkuliahan nanti. Karena mereka umumnya telah memahami apa yang mereka dapat saat masa kuliahnya, hal itu bisa menjadi pertimbangan untuk memilih jurusan saat kamu kuliah nanti. Kemudian coba untuk mempertimbangkan pendapat mereka dengan kemampuan dan keinginan kamu.



3. Minat Kamu


Pada umumnya atau kebanyakan orang - orang di kuliah nanti mengambil jurusan studi kuliah yang didasarkan pada potensi kerja di masa depan oleh jurusan studi tersebut. Menurut saya hal itu sangatlah salah besar dalam menentukan jurusan yang dipilih nanti, karena percuma kamu memilih jurusan yang memiliki peluang kerja lebih banyak tetapi kamu tidak menguasainya sama sekali yang nantinya membuat kamu merasa terbebani dengan studi tersebut karena ketidakcocokkan dengan kemampuan yang kamu miliki. Saran saya ambil jurusan sesuai dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki agar nantinya materi - materi yang kamu dapatkan di perkuliahan nanti akan terasa lebih bermanfaat dan merasa lebih bersemangat untuk mencapai masa depan kamu, karena jika sudah masuk ke dalam dunia kerja harus siap bersaing secara global serta memiliki kemampuan yang sesuai dengan bakat kamu.



4. Pertimbangkan Keuangan


Ini merupakan salah satu faktor yang penting tetapi kebanyakan banyak yang kurang mengetahuinya. Sebaiknya kamu harus mempertimbangkan masalah keuangan dalam memilih jurusan kuliah kamu nanti. Kemudian kamu harus mempertimbangkan pengeluaran untuk kebutuhan kuliah kamu, apalagi jika kamu memilih untuk bertempat tinggal di kos pasti ada biaya tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidup di kos kamu. Tetapi jangan hanya karena faktor keuangan kamu tidak masuk Universitas dan jurusan studi kuliah yang kamu inginkan, karena masih ada jalan lain yaitu kamu bisa berusaha mendapatkan beasiswa dari jurusan yang kamu pilih asalkan kamu mau berusaha sebaik mungkin.



5. Pertimbangkan Lingkungan Spiritual Atau Agama


Nilai spiritual atau nilai agama merupakan salah satu faktor yang penting dalam memilih jurusan kuliah yang tepat untuk kamu. Jika kamu memilih untuk masuk Universitas dengan keagamaan yang berbeda dari kamu, bisa jadi kamu nantinya akan menimbulkan konflik batin pada diri kamu. Tetapi tidak perlu khawatir karena di Indonesia tingkat toleransi beragamanya bisa dibilang cukup tinggi.



6. Mencari Alternatif


Jika kamu mendapatkan masalah yang berakibatkan kamu tidak dapat memasuki jurusan kuliah di Universitas yang kamu pilih, maka sebaiknya kamu berpikir untuk mencari jalan alternatif untuk itu. Entah itu kamu berpikiran untuk mengambil jurusan lain atau mengulangi lagi di tahun depan. Dengan adanya jalan alternatif ini kamu akan bisa lebih tenang dan mempersiapkan segalanya jika nantinya jika tidak sesuai harapan.



7. Menyesuaikan Situasi


Kamu harus tahu bahwa hidup di dalam trend apa, kemudian apa bidang yang kira - kira di butuhkan di situasi itu. Contohnya di negara Indonesia biasanya orang - orang yang ahli di bidang IT kebanyakan kurang dihargai dan mereka harus dituntut untuk serba bisa dalam mengerjakan sesuatu. Oleh karena itu kamu harus tahu bahwa jurusan apa yang kamu pilih nanti akan menjadi kontribusi utama dalam peran di dunia kerja pada zaman itu.



Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Cocok Buat Kamu - Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, sebenarnya masih banyak hal - hal yang harus kamu pertimbangkan untuk memilih jurusan yang sesuai pada saat kuliah nanti. Tetapi semua itu tergantung diri kamu.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment