DESTINASI WISATA MENAKJUBKAN KEPULAUAN RAJA AMPAT PAPUA

DESTINASI WISATA MENAKJUBKAN KEPULAUAN RAJA AMPAT PAPUA

Destinasi Wisata Menakjubkan Kepulauan Raja Ampat Papua - Destinasi wisata kepulauan Raja Ampat di Papua merupakan tujuan wisata rekomendasi yang terletak di Provinsi Papua Barat. Wisata kepulauan Raja Ampat dijuluki sebagai kawasan Amazon Lautan Dunia karena tempat wisata ini berada dipusat segitiga karang dunia. Destinasi wisata kepulauan Raja Ampat terletak diwilayah teritorial Provinsi Papua Barat, terdiri dari sebuah gugusan pulau tersebar yang mempunyai jumlah total 610 pulau dan 35 pulau saja yang hanya dihuni oleh masyarakat.

Kepulauan Raja Ampat terkenal seluruh dunia karena tak perlu diragukan lagi keindahan pulau dan wisata bawah lautnya, para wisatawan banyak yang berdatangan dari penjuru dunia hanya untuk menikmati wisata menakjubkan kepulauan Raja Ampat Papua. Wisatawan yang datang ketempat ini bisa menjelajahi dinding-dinding bawah laut yang dilakukan dengan menyelam, atau bisa juga menjelajah gugusan kepulauan besar sampai yang kecil, menelusuri hutan tropis, pantai pasir putih, pegunungan dan beraneka ragam kehidupan hewan yang ada diwilayah kepulauan Raja Ampat.

Destinasi wisata di Papua ini banyak yang menyuguhkan keindahan keanekaragaman hayati yang sangat melimpah. Disana anda akan menemukan sekitar 1.511 spesies ikan, 540 jenis karang. Karang yang ditemukan diseluruh dunia sekitar 75% berada di wilayah ini. Anda juga akan menemui 27 spesies ikan langka yang hanya ada di Raja Ampat. Selain itu wisata ini juga memiliki 5 spesies penyu laut langka, 13 spesies mamalia laut, dan 57 spesies udang mantis. Jadi banyak sekali keunikan yang dimiliki oleh destinasi wisata Kepulauan Raja Ampat ini.

Dengan kondisi yang mendukung seperti pemandangan laut yang akan membuat anda kagum yang bisa dilihat dari atas maupun dari bawah laut, kekayaan melimpah biota laut, mempunyai struktur tanah yang endemik dan kearifan maupun kebudayaan penduduk lokal. Oleh karena itu sudah tidak mengherankan lagi jika Indonesia memiliki julukan sebagai negara yang mempunyai kekayaan alam yang sangat melimpah di dunia. Banyak hal yang bisa anda lakukan di kepulauan Raja Ampat, seperti :
1-  Menelusuri keindahan kepulauan Raja Ampat dengan perahu.
2- Snorkeling.
3-  Melihat burung Cenderawasih merah khas Papua Barat.
4-  Memancing tradisional ala Papua.
5-  Trekking yang bertujuan untuk menemukan air terjun.
6-  Memberi makan hewan kuskus.
7-  Menikmati pesona keindahan pulau-pulau karang ( karst) yang berada disekitar pulau Wayag.
8-  Menyelam untuk menyaksikan keindahan alam bawah laut.
9-  Menelusuri gua kelelawar.
.  -    Membuat patung kayu yang akan diajari oleh pengrajin suku Asmat.

DESTINASI WISATA MENAKJUBKAN KEPULAUAN RAJA AMPAT PAPUA

Diwilayah ini juga anda akan melihat pemandangan Gua Tomolo yang didalamnya berisi lukisan hewan berukuran sangat besar dan lukisan telapak tangan manusia jaman prasejarah yang tergambar didinding goa. Selain itu Anda juga bisa melihat "Hantu Laut” yang merupakan fenomena alam yang sangat unik dan menarik, terletak dikawasan Timur Waigeo, Fenomena ini dapat terbentuk disebabkan oleh sinar yang berasal dari air laut atau fenomena pemandangan sunset. Fenomena ini hanya bisa dilihat setiap akhir tahun saja.

Tujuan wisata berikutnya yang harus anda coba adalah Pulau Ayau, Pulau Ayau adalah kumpulan pulau - pulau kecil yang terletak di Kepulauan Karang yang mempunyai ukuran sangat besar dan dasar lautnya berpasir putih. Pulau Ayau  menghubungkan satu pulau dengan pulau yang lainnya yang ada disana. Tidak hanya itu sajadisekitar tempat ini anda juga bisa melihat pulau - pulau yang mempunyai pasir unik yang disebut "Zandplaat". Anda juga bisa menyaksikan masyarakat khususnya ibu  dan anak setempat menangkap cacing laut atau insonem.

DESTINASI WISATA MENAKJUBKAN KEPULAUAN RAJA AMPAT PAPUA

Anda juga bisa berkunjung ke Waigeo Selatan, tempat ini merupakan destinasi favorit penggemar diving wisatawan lokal maupun luar negeriTidak jauh dari Waigo Selatan juga bisa menemukan destinasi wisata Gua Tengkorak, pulau karang Kabui Bay dan juga wisata bersejarah Raja Ampat di Kali Raja. Anda juga bisa menonton tari Salay di Saonek, beraneka macam jenis satwa burung di Desa Sawinggrai dan Yenwaupnor, dan juga kerajinan anyaman di Arborek. Anda juga bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk melihat ikan-ikan pari berenang. Jika anda melanjutkan ketempat Sawandarek, disana dapat melihat pantai pasir putih dengan karang yang mempesona.

Di Waigeo bagian utara, Anda juga bisa menikmati wisata sejarah berbentuk gua yang merupakan peninggalan perang Dunia ke II dahulu. Selain itu Anda juga dapat menikmati keunikan kebudayaan masyarakat setempat yang dipertontonkan dalam sebuah tarian perang. Wisata ini juga terdapat destinasi  air terjun.


Destinasi Wisata Menakjubkan Kepulauan Raja Ampat Papua - Di Waigeo bagian Bara, anda bisa menikmati kegiatan menyelam, selain itu tujuan wisata yang rekomendasi untuk dikunjungi lainya adalah rumah kapal houseboats dan pulau karang di kepulauan Wayag.

DESTINASI WISATA MENAKJUBKAN KEPULAUAN RAJA AMPAT PAPUA

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment