TIPS MENGATASI BLUE SCREEN PADA WINDOWS

TIPS MENGATASI BLUE SCREEN PADA WINDOWS


Tips Mengatasi Blue Screen Pada Windows - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang solusi mengatasi blue screen pada windows dan apa yang menjadi penyebabnya. Blue screen atau Blue Screen of The Dead (BSOD) adalah suatu pemberitahuan atau notifikasi dari sistem operasi windows ketika mengalami error pada sistemnya dan tidak bisa memperbaikinya. Kejadian semacam ini tentunya akan berpengaruh sekali jika saat sedang mengerjakan sesuatu yang penting di komputer sehingga pekerjaan yang sedang dikerjakan itu tidak tersimpan, yang umumnya sering terjadi adalah blue screen secara tiba - tiba. Saat blue screen terjadi, kebanyakan pengguna komputer akan panik karena tidak tahu apa yang menjadi penyebabnya dan caranya untuk mengatasi kejadian blue screen tersebut.

Sebelum lanjut ke cara mengatasi blue screen pada windows,, alangkah lebih baiknya harus mengetahui apa yang menjadi penyebabnya kemudian baru dilakukan penanganan untuk mengatasinya. Berikut ini macam - macam penyebab blue screen yang terjadi di windows dan bagaimanan cara memperbaikinya :

1. VIDEO DRIVER INIT FAILURE
Penyebabnya adalah terjadinya kesalahan pada saat instalasi driver VGA. Solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan instal ulang driver VGA dan jangan lupa pastikan drivernya sudah ter-update

2. BAD POOL CALLER
Penyebabnya yaitu kesalahan pada saat instalasi sistem operasi, biasanya yang paling sering terjadi adalah di sistem operasi Windows XP. Solusi yang tepat untuk mengatasi error ini yaitu pastikan kaset CD sistem operasi Windows tidak corrupt, bisa juga dengan cara menginstal ulang sistem operasi komputer. Jika setelah proses instal ulang tidak berhasil, kemungkinan besar masalahnya terjadi di kerusakan pada hardware.

3. DATA BUS ERROR
Penyebab error yang satu ini kemungkinan slot memory atau RAM mengalami kerusakan signifiikan. Solusinya adalah dengan periksa slot memory atau RAM, jika masih belum berhasil coba ganti RAM yang lama dengan RAM ytang baru.

4. INACCESSIBLE BOOT DEVICE
Salah satu error blue screen pada windows yang satu ini bisa disebabkan oleh posisi jumper yang salah pada harddisk, atau bisa juga karena virus Boot sectorm dan driver IDE Controller yang salah. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan periksa kondisi kabel IDE Controller, cara kedua bisa juga dengan bersihkan virus pada boot sector, kemudian bisa juga diatasi dengan atur kembali jumper pada harddisk.

5. IRQL NOT LESS OR EQUAL (0X0000000A)
Banyak yang menjadi penyebab error blue screen pada windows yang satu ini. Penyebab itu adalah ketidakcocokkan driver hardware yang terinstal di komputer, driver Audio Card tidak cocok atau tidak terpasang dengan benar, VGA Card belum terpasang atau driver yang terinstal tidak cocok. Solusinya untuk mengatasi error yang ini yaitu dengan mengeceknya jangan lupa driver yang terinstal telah terpasang dengan benar, pastikan instal driver VGA Card dan Audio Card yang cocok lalu coba copot dan pasang ulang VGA Card dan Audio Card dengan benar.

6. UNEXPECTED KERNEL MODE TRAP (0x0000007F)
Penyebab error blue screen pada windows yang satu ini beragam.Penyebabnya adalah BIOS yang corrupt, Processor yang corrupt, terjadinya overheat ( suhu pada komputer terlalu panas biasanya terjadi karena pemakaian yang berlebihan ), overclocking yang berlebihan. Solusinya adalah dengan matikan komputer terlebih dahulu sistem pendingin atau kipas bekerja dengan baik, jika ada yang bermasalah bisa dicoba ditambahkan perangkat pendingin atau fan eksternal.

7. NTFS FILE SYSTEM (0X00000024)
Penyebabnya adalah terdapat kerusakan di partisi atau file system, akan tetapi bukan berada pada harddisk. Solusinya adalah dengan melakukan pemeriksaan apakah kabel SATA / IDE harddisk telah terpasang dengan benar kemudian cek partisi dengan chkdsk.

8. FAT FILE SYSTEM (0X00000023)
Penyebabnya dan solusinya sama dengan no.7. Masalahnya di bagian partisi atau file systemnya yang mengalami kerusakan, akan tetapi bukan berada pada harddisk. Solusi yang tepat yaitu dengan mengecek atau periksa kabel SATA / IDE telah terpasang dengan benar kemudian cek partisi dengan chkdsk.

Tips Mengatasi Blue Screen Pada Windows - Itulah penjelasan singkat mengenai penyebab - penyebab dan cara mengatasi blue screen pada windows, semoga bermanfaat. Terimakasih.




Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment