KISAH INSPIRASI STEVE JOBS PENDIRI APPLE

KISAH INSPIRASI STEVE JOBS PENDIRI APPLE


Kisah Inspirasi Steve Jobs Pendiri Apple - Keberhasilan Apple saat ini tak lepas dari keberanian mengambil resiko Steve. Pada awalnya penemu Apple yaitu Steve Wozniak pernah ditolak  saat mengajukan ke perusahaan Hewlett-Packard (HP). Dia kemudian memberinya kepada Steve Jobs yang kemudian menjadi mitranya. Dengan modal yang didapat dari menjual mobil VW milik Wozniak dan kalkulator HP milik Steve Jobs, mereka membiayai desain pertama Apple pada saat Jobs berusia 21 tahun dan Wozniak lima tahun lebih tua dari Jobs. Ternyata tak ada yang mengira bahwa Apple bisa menjadi sebuah perusahaan besar didunia.

Steve Jobs, sang pendiri Apple memiliki tujuan jauh ke depan yaang menjadikan Apple menjadi perusahaan yang berpengaruh dalam perkembangan teknologi dunia. Namun, jika melihat kisah Jobs, dia merupakan seseorang yang menyukai kesederhanaan dan keindahan.


Steve Jobs lahir pada tanggal 24 Februari 1955  . Tetapi pada saat dilahirkan, dia segera diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs. Sejak kecil, Jobs sudah tertarik pada perangkat elektronik. Dia pernah menelepon William Hewlett yaitu presiden HP dan meminta komponen elektronik untuk tugas sekolah Jobs. Hal inilah yang justru membuatnya ditawari bekerja sambilan selama libur musim panas. Di HP Company dia bertemu dengan Steve Wozniak, yang nanti menjadi partnernya dalam mendirikan Apple.

Tingkat kecerdasan yang tinggi membuat Steve masuk kelas percepatan. Tapi disekolah dia sering diskors karena tingkahnya yang nakal. Pada saat Jobs berusia 17 tahun, dia kuliah di Reed College, Portland, Oregon. Tetapi, dia drop out setelah satu semester kuliah. Akan tetapi dia tetap mengikuti kelas kaligrafi di universitasnya. Hal itulah yang membuat Jobs sangat mencintai keindahan.

Pada tahun 1974, Jobs kembali ke California. Dikemudian bekerja di perusahaan game Atari dengan Steve Wozniak. Suatu hari, Jobs tertarik pada komputer yang di desain Wozniak. Dia akhirnya membujuk Wozniak agar mendirikan perusahaan komputer. Kemudian pada tanggal 1 April 1976,  Jobs mendirikan Apple Computer di usia yang ke21.

Pada saat perusahaan Apple berkembang, dewan direksi Apple memecat Jobs karena dia terlalu ambisius. Tak kenal menyerah, Steve Jobskemudian mendirikan NeXT Computer. Selang beberapa waktu. Jobs membeli perusahaan film animasi yaitu Pixar. Dari kedua perusahaan itulah nama Steve Jobs kembali bangkit. Tetapi justru Apple malah berada di ambang kebangkrutan.

Saat itulah, Jobs kembali ke Apple. Banyak orang yang mengira Jobs tidak bisa lagi melambungkan nama Apple. Steve menanggapinya dengan dingin. “Saya yakin bahwa satu hal yang bisa membuat saya bertahan adalah bahwa saya mencintai apa yang saya lakukan. Kita harus mencari apa yang sebenarnya kita cintai. Dan adalah benar bahwa pekerjaan kita adalah kekasih kita. Pekerjaan kita akan mengisi sebagian besar hidup kita. Dan satu-satunya jalan untuk bisa mencapai kepuasan sejati adalah melakukan apa yang kita yakini,”.

Kisah Inspirasi Steve Jobs Pendiri Apple - Kata-kata itulah yang membuktikan Jobs berhasil mengangkat Apple sebagai produsen alat teknologi terkenal. Dia membuktikan itu semua dengan kerja keras dan tanpa putus asa. Memiliki bentuk indah, elegan, sederhana, tetapi powerful, inilah yang menjadi ciri khas produk-produk Apple dari dulu hingga sekarang.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment