TIPS AGAR BATERAI LAPTOP TAHAN LAMA SAAT DIPAKAI

TIPS AGAR BATERAI LAPTOP TAHAN LAMA SAAT DIPAKAI


                 Baterai laptop pada umumnya tidak dapat bertahan lama atau pada umumnya akan cepat habis, hal ini menjadi masalah bagi semua pengguna laptop,khususnya pengguna laptop yang bepergian. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya fitur dan aplikasi yang sering menjadikan laptop tersebut menggunakan banyak tenaga sehingga baterai laptop itu sendiri akan cepat sekali terkuras. Baterai merupakan salah satu pertimbangan banyak orang yang akan membeli laptop, sehingga banyak perusahaan yang berlomba-lomba membuat baterai laptop saat digunakan akan bertahan lama.


 Jika baterai laptop kamu cepat sekali terkuras, tidak ada salahnya mencoba tips-tips yang ada dibawah ini. Berikut ini tips agar baterai laptop dapat bertahan lama saat digunakan :
1. Saat ingin mengisi laptop,usahakan dicharge sampai penuh.

2. Jika sedang menggunakan laptop dirumah atau didalam suatu tempat (tidak berpindah-pindah) sebaiknya lepas baterai dan gunakan listrik secara langsung. Jangan memasang baterai ketika charge laptop sudah terpasang jika laptop pada saat itu sedang dipakai. Karena hal itu dapat menyebabkan kebocoran pada baterai yang berakibat baterai akan cepat rusak atau usia baterai laptop semakin pendek. Walaupun laptop masa kini sudah menyediakan fitur yang membuat baterai tidak digunakan ketika charge laptop terpasang, tapi suhu panas juga bisa berpengaruh pada kualitas baterai laptop kedepannya. Jadi alangkah lebih baiknya gunakan baterai laptop pada saat benar-benar tidak ada listrik.

3. Mengatur konfigurasi pengaturan baterai laptop dengan tepat. Atur waktu untuk menonaktifkan layar dan harddisk setelah jangka waktu tertentu laptop tidak digunakan sesingkat mungkin. Dengan tips ini akan membuat usia pemakaian baterai laptop lebih lama.

4. Matikan wifi, bluetooth atau perangkat nirkabel lainnya jika tidak digunakan. Sebab hal ini akan lebih menghabiskan daya lagi jika dihidupkan tetapi tidak ada sinyal sama sekali yang nantinya akan membuat perangkat nirkabel tersebut akan bekerja secara maksimal untuk mendapatkan signal.

5. Kurangi kecerahan layar.

6. Matikan screen saver.

7. Lepaskan perangkat eksternal sperti flashdisk, modem, harddisk dan lainnya ketika tidak digunakan.

8. Gunakan headset ketika mendengarkan musik atau menonton video.


Itu saja beberapa tips yang membuat baterai laptop akan menjadi lebih awet dan tahan lama ketika dipakai. Semoga artikel diatas bermanfaat.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment