SEKILAS TENTANG UBUNTU

SEKILAS TENTANG UBUNTU

Sekilas Tentang Ubuntu - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sekilas tentang Ubuntu yang merupakan distro Linux yang cukup fenomenal karena banyak digunakan. Ubuntu mempunyai arti kata yang berasal dari Afrika yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah " kemanusiaan terhadap orang lain ". Ubuntu merupakan sistem operasi yang berbasis GNU / Linux yang dikembangkan oleh komunitas sehingga diciptakan sebaik mungkin menjadi salah satu distro Linux yang sempurna untuk perangkat dekstop, server, maupun laptop. Sistem operasi Ubuntu dapat digunakan disemua lingkungan baik pendidikan, perkantoran, ataupun perumahan. Aplikasi yang disediakan oleh Ubuntu bisa dibilang sudah sangat lengkap, mulai dari aplikasi, email, multimedia, internet, dan lainnya.


SEKILAS TENTANG UBUNTU


Linux memiliki sifat Open Source dan Free, begitu juga dengan distronya yang satu ini yaitu Ubuntu. Ubuntu akan selalu bebas biaya sehingga tidak perlu membayar lisensi. Ubuntu hadir dalam 2 versi yaitu versi server yang terkenal dengan ketangguhannya dan versi dekstop yang mempunyai tampilan grafis yang sangat menarik.


SEKILAS TENTANG UBUNTU


Ubuntu selalu dikembangkan oleh Team Ubuntu dan selalu dirilis setiap 6 bulan sekali. Jadi akan selalu mendapatkan fitur - fitur terbaru yang pastinya update dari dunia Open Source Ubuntu ini.


SEKILAS TENTANG UBUNTU


Team Ubuntu merancang kemampuan dengan sistem keamanan yang selalu baik.  Pengguna Ubuntu akan mendapatkan update terbaru celah - celah keamanan di Ubuntu tanpa ada biaya selama sekurang - kurangnya 18 bulan pada server dan dekstop untuk versi Ubuntu standar. Ubuntu juga tersedia dalam paket LTS ( Long Term Support ) yang nantinya pengguna Ubuntu akan mendapatkan dukungan dari Team Ubuntu selama 5 tahun pada versi server dan 3 tahun pada versi dekstop. Jika ingin mengupgrade ke versi Ubuntu terbaru tidak akan dikenakan biaya dan akan selalu free.


Sekilas Tentang Ubuntu - Ubuntu memiliki fitur - fitur yang lengkap, perangkat lunak tambahan juga sudah tersedia secara online. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang ubuntu dan jika ingin selalu mendapat pemberitahuan update dari Ubuntu, silahkan kunjungi situs resmi Ubuntu. Ubuntu sangat mudah digunakan untuk pengguna baru, Ubuntu mudah diinstal dan bisa digunakan tanpa perlu diinstal, data yang ada dalam Ubuntu akan aman dan komputer maupun laptop akan terbebas dari virus, tampilan dalam Ubuntu sangat menarik dan Ubuntu ini merupakan perangkat lunak yang bersifat Open Source dan Free atau gratis.



Sekilas Tentang Ubuntu Server

Ubuntu Server versi LTS terakhir adalah versi yang baru saja dirilis pada tahun 2015 yaitu versi 15.04. Ubuntu Server memiliki kinerja yang sangat handal dan terus dikembangkan oleh Team Ubuntu hingga saat ini. Ubuntu mewarisi sifat - sifat dari distro Linux lainnya yaitu Debian yang sangat baik dalam pengelolaan paket.

Ubuntu selain didukung oleh developer atau pengembang yang handal juga didukung oleh komunitas yang besar di seluruh dunia yang saling berbagi pengalaman - pengalaman penggunanya saat menggunakan Ubuntu Server. Ubuntu Server dapat menjadi yang paling penting kinerjanya untuk layanan server di keperluan bisnis. Ubuntu Server sangat hemat sumber daya dibagian hardware, memorinya pun yang dibutuhkan oleh Ubuntu Server sangat rendah.

Ubuntu sekarang banyak digunakan oleh perusahaan - perusahaan diseluruh dunia karena Ubuntu Server ini mempunyai keunggulan sebagai salah satu sistem operasi server yang aman dari virus dan stabil.



Kelebihan Ubuntu Server :

  • Dukungan bug fixing dari developer atau pengembangnya tersedia secara free.
  • Investasi biaya termasuk kategori rendah untuk dalam hal ukuran server bisnis.
  • Mudah diintegrasikan dalam jaringan publik atau lokal.
  • Menawarkan pengembangan yang terus - menerus dan selalu update.

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment